EFEKTIVITAS TEKNIK MODELLING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI PEMASARAN SMKS TRUNOJOYO JEMBER
SKRIPSI

SKRIPSI




Oleh:
LAINI TRI OCTAVIANI


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIMBINGAN dan KONSELING

FAKULTAS FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

IKIP PGRI JEMBER

2020
Abstrak:

ABSTRAK

 

 

Octaviani, Tri Laini. 2020. Efektivitas Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Pemasaran SMKS Trunojoyo Jember. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Jember. Pembimbing: (1) Weni Kurnia Rahmawati, M.Pd. dan (II) Ida Karismatika, M.Psi.

 

Penelitian ini untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI Pemasaran SMKS Trunojoyo Jember. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah SMKS Trunojoyo Jember dengan menggunakan Purposive Sampling Area. Perencanaan karir yang dimulai dari dini merupakan hal penting bagi siswa, agar siswa bisa tepat dalam menentukan jenjang lanjutan yang diinginkan untuk karirnya di masa depan. Maka dari itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan perencanaan karir siswa  kelas  XI Pemasaran  SMKS  Trunojoyo  Jember.  Pada penelitian ini data yang diambil adalah data uji validitas, uji reliabilitas, dan data homogenitas. Metode analisis deskriptif dengan rumus uji wilcoxon. Desain peneltian ini Quasi Experimental Design dengan metode Nonequivalen Control Grup  Design  dengan  dibagi  2  kelompok  yaitu  kelompok  eksperimen  dan kelompok control  yang masing-masing berjumlah 4 orang siswa. Berdasarkan hasil  perhitungan  uji  wilcoxon  dengan  data  yang  digunakan  adalah  4  siswa sebelum treatment (pre-test) dan 4 siswa sesudah treatment (post-test)

 

 

 

 

Kata kunci : Teknik Modeling Simbolis, Perencanaan


Copyright © E-Research IKIP PGRI Jember | All Rights Reserved 2016