KORELASI IBU SINGLE PARENT DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI DESA BINAKAL
SKRIPSI

SKRIPSI




Oleh:
Waluyo Tri Utomo


PROGRAM STUDI PPKN

FAKULTAS FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

IKIP PGRI JEMBER

2020
Abstrak:

Abstrak

 

Utomo, Tri , Waluyo 2019.Korelasi Ibu Single Parent Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Sekolah Menengah Pertama Di Desa Binakal Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FP IPS IKIP PGRI Jember. Pembimbing :Helda Mega Maya CPIP, S.H, M.H dan Nova Eko H. S.Pd

 

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimanakah polaasuh yang diberikan oleh ibu single parent pada anak dalam menumbuhkan kemandirian anak serta bagaimana dampak dari pola asuh tersebut terhadap kemandirian anak.Jenis penelitian kualitatif.   Responden yang digunakan 50. Analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil Penelitian ibu single parentyang mengasuh anaknya dengan sabar dan nyaris serta tidak pernah membentak anaknya. Ibu Tutik  selain membimbing anak dengan sabar, dia juga menanamkan sikap-sikap baik kepada anaknya.

 

Kemudian Ibu Asmiyati yang tidak memperbolehkan anaknya membantu pekerjaan rumah karena anaknya masih kecil , tetapi anaknya tetap saja ingin belajar  mencuci  meski  ibunya  sudah  melarang  hal  itu  karena  sang  anak mencontoh kebiasan dari apa yang dilakukan oleh ibunya terlebih anak dari ibu Asmiyati seorang  perempuan.  Sementara Ibu  Yani yang  nyaris anaknya tidak pernah mau membantu pekerjaan rumah meski sudah disuruh tetap saja susah. Sebenarnya   ia sudah mengerti kalau membantu orangtua tapi tetap tidak mau. tetapi Ibu Yani dengan sabar menerima itu semua meskipun dampaknya akan sangan berpengaruh pada kemandirian anaknya.

 

Selanjutnya Ibu Neni yang selalu mengecek dimana anaknya berada, meskipun


Copyright © E-Research IKIP PGRI Jember | All Rights Reserved 2016