PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP AL-FALAH PESANGGRAHAN
SKRIPSI

SKRIPSI




Oleh:
Siti Maryam


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

FAKULTAS FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

IKIP PGRI JEMBER

2019
Abstrak:

ABTRAK

 

Maryam, Siti 2019. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIa SMP Al-falah Pesanggrahan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo. Skripsi,  FP MIPA Pendidikan Matematika. IKIP PGRI Jember. Lutfiyah, S.Pd M.Pd., Ria Amalia, S.Pd M.Pd.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas VIIIa di SMP Al-falah  Pesanggrahan.  Lokasi  yang  digunakan  untuk  melakukan  penelitian adalah SMP Al-falah Pesanggrahan dengan sampel penelitian siswa kelas VIIIa. Gaya belajar merupakan salah satu kunci dari keberhasilan proses belajar siswa salah satunya adalah untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya belajar terhadap  prestasi  belajar  matematika  siswa  kelas  VIIIa  di   SMP  Al -falah Pesanggrahan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diambil adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Metode analisa  data  yang  digunakan  adalah  analisis  korelasi  yaitu  Korelasi  Pearson Product Moment. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif non eksperimen dengan menggunakan pendekatan ekspos fakto. Hasil dari analisis data yang dilakukan dengan taraf signifikansi α = 5% dengan sampel N = 30 dan

44 butir soal angket gaya belajar maka diperoleh hasil bahwa Ho diterima. Maka dapat  disimpulkan  bahwa  tidak  ada  pengaruh  gaya  belajar  terhadap  prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIa SMP Al-falah Pesanggrahan.

 

 

&nbs


Copyright © E-Research IKIP PGRI Jember | All Rights Reserved 2016