KESADARAN DAN PENGATURAN BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA SOAL PISA
SKRIPSI

SKRIPSI




Oleh:
Pingki Dinda Harmilia


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

FAKULTAS FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

IKIP PGRI JEMBER

2020
Abstrak:

ABSTRAK

 

Harmilia, Pingki, Dinda. 2020. Kesadaran dan Pengaturan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Soal PISA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam  IKIP  PGRI  Jember.  Pembimbing:  (I)  Eric  Dwi Putra, M.Pd, dan (II) Dwi Noviani Sulisawati, M.Pd.

 

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang harus dituntaskan oleh siswa untuk mendapatkan nilai standart sesuai dengan aturan yang berlaku di sekolah. Kesadaran penuh dan pengaturan berpikir siswa menjadi bagian utama dalam menyelesaikan soal-soal permasalahan pada mata pelajaran matematika, khususnya pada soal berjenis PISA. PISA merupakan jenis soal mata pelajaran matematika yang mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalam permasalahan pada situasi konteks nyata, menyederhanakan masalah agar mudah diterima, mengidentifikasi hambatan atau situasi model matematika dan menyederhanakannya serta merepresentasikan  situasi  secara matematis  dengan variabel  ataupun  simbol. Komponen  kesadaran  dan  pengaturan  berpikir  siswa dalam   menyelesaikan   masalah   pada   soal   PISA   yaitu   attention,   recall   of knowledge, planning, monitoring dan evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran dan pengaturan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pada soal PISA pada materi kecepatan di SMA Nurul Islam Jember.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kesadaran dan pengaturan berpikir siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan rendah berbeda serta  bergerak &nbs


Copyright © E-Research IKIP PGRI Jember | All Rights Reserved 2016