PENERAPAN METODE PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS NURUL QODIRI AL-MA’ARIF GRUJUGAN BONDOWOSO
SKRIPSI

SKRIPSI




Oleh:
MOH. IMRON


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

IKIP PGRI JEMBER

2019
Abstrak:

ABSTRAK

 

Imron, Moh. 2019. Penerapan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Nurul Qodiri   Al-Ma’arif   Grujugan Bondowoso. Skripsi, Pendidikan Matematika FP.MIPA IKIP PGRI Jember. Eric Dwi Putra,  M.Pd, Ria Amalia, M.Pd.

 

 

 

Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan bingo yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa MTs Nurul Qodiri Al-Ma’arif setelah penerpan metode permainan bingo. Lokasi penelitian ini bertempat di MTs Nurul Qodiri Al-Ma’arif Grujugan Bondowoso. Sampel yang akan digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 9 putra dan 11 putri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif.

Penelitian ini dirancang  menggunakan 2 siklus dengan tahapan rencana, tindakan,   observasi   dan   refleksi.   Berdasarkan   hasil   penelitian   yang   telah diperoleh, penerapan metode permainan bingo yang dimulai dari kegiatan pendahuluan sampai penutup berjalan dengan lancar. Metode permainan bingo mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan  metode  permainan  bingo  sangat  baik  .  Hal  ini  terbukti  dari  hasil analisis belajar siswa pada silkus I dan siklus II. Persentase hasil belajar siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari 57 % menjadi 86 %. Dengan peningkatan yaitu sebesar 29%.

 

 

 


Copyright © E-Research IKIP PGRI Jember | All Rights Reserved 2016